Home » » Contoh Proposal Pengajuan Dana

Contoh Proposal Pengajuan Dana

Posted by Kumpulan Artikel on Monday, October 29, 2012

Contoh Proposal Pengajuan Dana


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tuntutan kualitas siswa yang terus meningkat merupakan salah satu tantangan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi. Selain hal itu, seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua guru memiliki kompetensi yang seharusnya dikuasai oleh seorang guru.
Rendahnya kompetensi tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor rendahnya mutu pendidikan nasional. Oleh karena itu,peningkatan mutu pendidik menjadi faktor dominan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang diharapkan. Guru bukan semata-mata sebagai pentransfer materi pelajaran, melainkan juga harus mampu mengorganisasikan segala komponen pendidikan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
Kelompok Kerja Guru ( KKG ) sebagai wadah bagi guru untuk membahas segala permasalahan pendidikan yang ada harus difungsikan secara optimal untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik. Berkaitan dengan hal tersebut, KKG Gugus Rosari berusaha melakukan berbagai upaya untuk peningkatan mutu pendidik. Upaya yang akan dilaksanakan antara lain melakukan berbagai pelatihan bagi guru-guru digugus Rosari, memberdayakan guru yang telah mengikuti pelatihan dengan mengadakan desiminasi, diskusi, dan penularan hasil pelatihan melalui forum KKG.
Guru-guru di Gugus Rosari memerlukan kesempatan yang lebih banyak untuk mengikuti berbagai pelatihan agar memiliki kompetensi sebagai guru yang berkualitas. Oleh karena itu, kegiatan KKG diharapkan mampu secara strategis dan signifikan mengoptimalkan profesi guru dalam pembelajaran di sekolah.
B. Tujuan
Umum :
Meningkatkan kompetensi profesionalisme guru sesuai dengan tuntutan
Standar Nasional Pendidikandan menyeberluaskan akses pendidikan agar
memiliki kompetensi profesional yang memadai melalui peningkatan mutu
pembelajaran.
Khusus :
1. Mengembangkan kemampuan menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sesuai dengan Standar Isi pada setiap mata pelajaran.
2. Mengembangkan kemampuan guru dalam memahami Kriteria Ketuntasan Minimal hasil belajar siswa.
3. Mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
4. Mengembangkan model pembelajaran yang baik, menarik, dan menyenangkan.
5. Mengembangkan kemampuan menganalisis kisi-kisi dan butir soal.
6. Mengidentifikasi masalah pembelajaran dan cara pemecahannya.
7. Mengembangkan kemampuan dalam melaksanakan dan melaporkan Penelitian Tindakan Kelas.
C. Sasaran
Guru kelas I sampai dengan kelas VI di Gugus Rosari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Bojongsari.
D.Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari program kegiatan KKG Gugus Rosari adalah :
1. Tertingkatnya Pemahaman tentang Kriteria Ketuntasan Minimal hasil belajar.
2. Tertingkatnya pemahaman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sesuai Standar Isi pada setiap mata pelajaran.
3. Tertingkatnya kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.
4. Tertingkatnya kemampuan menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan.
5. Tertingkatnya kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.
6. Rumusan masalah pembelajaran dan cara pemecahannya.
7. Tertingkatnya kemampuan guru melaksanakan penelitian tindakan kelas.
E.Manfaat
1. Bagi Siswa
Siswa sekolah dasar di Gugus Rosari memiliki peluang dan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
2. Bagi Guru
Guru-guru di Gugus Rosari memiliki peluang untuk meningkatkan Kompetensinya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan melalui berbagai kegiatan KKG.
3. Bagi Sekolah
Sekolah dasar di Gugus Rosari memiliki guru-guru yang profesional dan
mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan
Standar Nasional Pendidikan.
4. Bagi KKG
KKG SD di Gugus Rosari memiliki peluang untuk memberdayakan guru di sekolah dan kecamata melalui berbagai kegiatan sehingga dapat mewujudkan guru-guru yang kompeten, profesional, dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

BAB II
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
A.Tempat Kegiatan
Kegiatan kelompok kerja guru (KKG) bertempat di SD Negeri 1 Gembong sebagai pusat kegiatan dan di beberapa sekolah yang memungkinkan dilaksanakan kegiatan secara bergiliran antara lain SD N 1 Brobot,SD N 2 Brobot, SD N 1 Galuh, SD N 1 Banjaran, dan SD N 2 Banjaran.
B. Waktu dan Program Kegiatan
Kegiatan kelompok kerja guru Gugus Rosari dilaksanakan antara bulan Juli 2010 sampai dengan awal bulan Juni 2011. Tanggal pelaksanaan situasional.
Kegiatan 1 : 14 Agustus 2010
Nama Kegiatan : Penyusunan Program Kerja Gugus Rosari
a. Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang progran KKG Gugus Rosari.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Sosialisasi program gugus Rosari tahun 2010/2011.
c. Hasil yang diharapkan :
Guru memahami dan dapat mengikuti serta melaksanakan program gugus Rosari Tahun 2010/2011.
d. Pemandu : Sudarsono,S.Pd
Kegiatan 2 : 28 Agustus 2010
Nama Kegiatan : Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
a. Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Penjelasan tentang penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
c. Hasil yang diharapkan :
Guru dapat menyusun KTSP di sekolah masing-masing.
d. Pemandu : Indraswari dan Pengawas TK/SD
Kegiatan 3 : 11 September 2010
Nama Kegiatan : Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal hasil belajar
a. Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang Kriteria Ketuntasan Minimal hasil
belajar siswa.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengikuti penjelasan dan mempraktikan cara penyusunan kriteria ketuntasan hasil belajar.
c. Hasil yang diharapkan :
Guru dapat menyusun kriteria ketuntasan minimal hasil belajar di sekolah
masing-masing secara benar.
d. Pemandu : Winarso,S.Pd
Kegiatan 4 : 25 September 2010
Nama Kegiatan : Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang rencana pelaksanaan pembelajaran.
b.Kegiatan yang dilaksanakan :
Penjelasan dan praktik membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan perkembangan zaman yang didahului dengan analisis silabus.
c. Hasil yang diharapkan :
Guru dapat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran model terbaru.
d. Pemandu : Sukheri, S.Pd
Kegiatan 5 : 9 Oktober 2010
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran IPA dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran IPA dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran IPA dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran IPA dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Suradi
Kegiatan 6 : 23 Oktober 2010
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran Matematika dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran Matematika dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran Matematika dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran Matematika dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Suyanto
Kegiatan 7 : 13 November 2010
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran Bahasa Indonesia dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran Bahasa Indonesia dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran Bahasa Indonesia dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Mulyono,S.Pd
Kegiatan 8 : 27 November 2010
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran IPS dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran IPS dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran IPS dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran IPS dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Retno Wiyandari,S.Pd
Kegiatan 9 : 18 Desember 2010
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran PKn dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran PKn dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran PKn dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran PKn dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Suriyah,S.Pd
Kegiatan 10 : 22 Januari 2011
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran Bahasa Jawa dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran Bahasa Jawa dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran Bahasa Jawa dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran Bahasa Jawa dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Sukheri,S.Pd
Kegiatan 11 : 29 Januari 2011
Nama Kegiatan : Identifikasi masalah pembelajaran di Kelas Rendah dan solusinya
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman guru tentang masalah pembelajaran kelas rendah dan dapat menemukan solusi pemecahannya.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran pembelajaran di kelas rendah dan menemukan solusi pemecahannya.
c. Hasil yang diharapkan :
Masalah-masalah pembelajaran di kelas rendah dapat teridentifikasi dan dapat ditemukan solusi pemecahannya.
d. Pemandu : Titis Suci Hartami dan Djamini,S.Pd.SD
Kegiatan 12 : 12 Februari 2011
Nama Kegiatan : Pengembangan model pembelajaran
a.Tujuan :
Guru memiliki kecakapan dalam melaksanakan pembelajaran dengan model dan Cara yang inovatif.
b.Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi dan mempraktikkan model-model pembelajaran yang inovatif.
c. Hasil yang diharapkan :
Guru menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada siswa ( student centered Learning ).
d. Pemandu : Sudarsono,S.Pd
Kegiatan 13 : 26 Februari 2011
Nama Kegiatan : Pengembangan model pembelajaran
a.Tujuan :
Guru memiliki kecakapan dalam melaksanakan pembelajaran dengan model dan Cara yang inovatif.
b.Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi dan mempraktikkan model-model pembelajaran yang inovatif.
c. Hasil yang diharapkan :
Guru menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada siswa ( student centered Learning ).
d. Pemandu : Sudarsono,S.Pd
Kegiatan 14 : 12 Maret 2011
Nama Kegiatan : Teknik Penulisan Kisi-kisi dan Butir Soal
a. Tujuan :
Guru memiliki kecakapan dan kemampuan membuat kisi-kisi soal dan dapat menyusun soal dengan benar.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan denganm kisi-kisi soal, menyusun Kisi-kisi soal, dan membuat soal berdasarkan aturan yang benar.
c. Hasil yang diharapkan :
Kisi-kisi soal dan butir soal yang benar sesuai dengan aturan
d. Pemandu : Indraswari,S.Pd.SD
Kegiatan 15 : 26 Maret 2011
Nama Kegiatan : Teknik Penulisan Kisi-kisi dan Butir Soal
a. Tujuan :
Guru memiliki kecakapan dan kemampuan membuat kisi-kisi soal dan dapat menyusun soal dengan benar.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan denganm kisi-kisi soal, menyusun Kisi-kisi soal, dan membuat soal berdasarkan aturan yang benar.
c. Hasil yang diharapkan :
Kisi-kisi soal dan butir soal yang benar sesuai dengan aturan
d. Pemandu : Indraswari,S.Pd.SD
Kegiatan 16 : 9 April 2011
Nama Kegiatan : Teknik Penulisan Kisi-kisi dan Butir Soal
a. Tujuan :
Guru memiliki kecakapan dan kemampuan membuat kisi-kisi soal dan dapat menyusun soal dengan benar.
b. Kegiatan yang dilaksanakan :
Mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan denganm kisi-kisi soal, menyusun Kisi-kisi soal, dan membuat soal berdasarkan aturan yang benar.
c. Hasil yang diharapkan :
Kisi-kisi soal dan butir soal yang benar sesuai dengan aturan
d. Pemandu : Indraswari,S.Pd.SD
Kegiatan 17 : 26 April 2011
Nama Kegiatan : Penelitian Tindakan Kelas
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
b.Kegiatan yang dilaksanakan :
workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas.
c.Hasil yang diharapkan :
Guru memiliki pemamahan dan kemampuan melaksanakan penelitian Tindakan Kelas di sekolah masing-masing.
d.Pemandu : Winarso,S.Pd
Kegiatan 18 : 28 April 2011
Nama Kegiatan : Penelitian Tindakan Kelas
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
b.Kegiatan yang dilaksanakan :
workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas.
c.Hasil yang diharapkan :
Guru memiliki pemamahan dan kemampuan melaksanakan penelitian Tindakan Kelas di sekolah masing-masing.
d. Pemandu : Winarso,S.Pd
Kegiatan 19 : 11 Juni 2011
Nama Kegiatan : Penelitian Tindakan Kelas
a.Tujuan :
Tertingkatnya pemahaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
b.Kegiatan yang dilaksanakan :
workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas.
c.Hasil yang diharapkan :
Guru memiliki pemamahan dan kemampuan melaksanakan penelitian Tindakan Kelas di sekolah masing-masing.
d. Pemandu : Winarso,S.Pd
C. Pembiayaan
Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja guru gugus Rosari dibiayai oleh sekolah yang termasuk dalam wilayah gugus Rosari dengan memanfaatkan dana Bantuan Operasional sekolah. Adapun perincian pendanaan adalah sebagai berikut.
No Uraian Kegiatan Perincian Jumlah(Rp)
1 Pemasukan keuangan 45 x 12 x 15.000 8.100.000
2 Pengeluaran
-Konsumsi pelaksanaan KKG 45 x 10 x 7.500 3.375.000
-ATK 500.000
-Administrasi gugus 1 x kegiatan 1.500.000
-Praktik-praktik 2 x kegiatan 500.000
-Pembelian alat Peraga 1 x kegiatan 1.000.000
-Kegiatan nonakademik 2 x kegiatan 725.000
-Rapat-rapat 10 x rapat 500.000
Jumlah Pengeluaran 8.100.000
BAB III
PENUTUP
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari guru sehingga sangat tepat adanya program pelaksanaan kegiatan KKG di tingkat Gugus Rosari.
2. Program kegiatan KKG memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan, mengasah, dan meningkatkan kompetensi dalam pendidikan pada umumnya dan pembelajaran pada khususnya.
3. Pelaksanaan KKG yang terpragram dan terarah memberikan dampak dan hasil yang positif bagi guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas.
SUSUNAN PENGURUS KKG GUGUS ROSARI
UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN BOJONGSARI
TAHUN 2010/2011
No Jabatan Nama Unit Kerja
1 Ketua Sudarsono,S.Pd SDN 1 Gembong
2 Sekretaris Mujiarti,S.Pd.SD SDN 1 Bembong
3 Bendahara Djamini,S.Pd.SD SDN 2 Brobot
4 Koordinator
Kelas 1 Ning Suratmi SDN 1 Banjaran
Kelas 2 Sudiman SDN 2 Banjaran
Kelas 3 Sugiyatno SDN 1 Galuh
Kelas 4 Suharjono,S.Pd.SD SDN 1 Brobot
Kelas 5 Purwati SDN 2 Brobot
Kelas 6 Suratno,S.Pd.SD SDN 2 Banjaran
5 Pemandu Mapel
Bahasa Indonesia Mulyono,S.Pd SDN 1 Banjaran
Matematika Suyanto SDN 1 Banjaran
IPS Retno Wiyandari,S.Pd SDN 1 Galuh
IPA Suradi, S.Pd.SD SDN 2 Banjaran
PKn Suriyah,S.Pd SDN 1 Brobot
Bahasa Inggris Tri Wahyuni,S.Pd SDN 1 Brobot
B.Jawa / Macapat Sukheri,S.Pd SDN 2 Banjaran
SBK Endang Munjiati,S.Pd.SD SDN 2 Banjaran

Semoga Bermanfaat ! Salam Blogger . .  

Thanks for reading & sharing Kumpulan Artikel

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Jika Anda Membaca Artikel Saya Tolong Komentar nya Ya ..
Terima Kasih ..