Home » » Alasan Google Adsense Membayar Blogger

Alasan Google Adsense Membayar Blogger

Posted by Kumpulan Artikel on Sunday, June 3, 2012


Judul "Alasan Google Adsense Membayar Blogger" ini sebenarnya saya juga bingung dengan judul ini. Ada alasan tentunya, kenapa saya memilih judul seperti ini. Alasan sebenarnya beberapa kenalan bertanya kepada saya tentang Alasan kenapa Google mau membayar para Blogger (orang yang memiliki blog), oleh karena itu saya mencoba menjelaskan berdasarkan pengalaman saya tentang kenapa para blogger bisa menghasilkan uang dari internet.

Pertanyaan tentang apakah benar internet bisa menghasilkan uang ini sebagian datangnya dari para pengunjung blog dan group facebook Belajar Ilmu Komputer, setelah saya menulis sebuah artikel tentang Bukti Penghasilan Google Adsense, mereka penasaran dan bertanya apakah betul. Bukan mustahil, masih banyak orang tidak tahu dan belum percaya kalau internet bisa menghasilkan uang, karena rata-rata menggunakan internet untuk facebook-an, twitter-an, selebihnya mereka tidak tahu lagi mau buat apa, email saja hampir tidak pernah dibuka, bahkan ada yang tidak tahu bagaimana cara membuka emailnya sendiri karena facebooknya dibuat temannya.

Berikut ini adalah penjelasan saya menggunakan bahasa orang awam tentang dunia blogging sehingga mudah dipahami oleh siapa saja. Kalau pembaca seorang blogger tentu tidak perlu membaca lagi karena sudah dapat dipastikan sudah paham betul tentang Adsense.

Google Adsense di sini bertindak sebagai perantara antara para Blogger dan para Pemasang Iklan (perusahaan atau pribadi yang disebut Advertiser). para blogger ini biasa disebut denga Publisher, yang mana tugasnya adalah memasangkan kode iklan di blog miliknya, nah kode iklan tersebut didapat dari google adsense. Oleh karena kode iklan didapat dari google adsense maka sebelum memasang iklan di blog miliknya, seorang blogger harus mendaftarkan diri ke Google Adsense dan membuat akun di sana.

Setelah memiliki akun di Google Adsense, barulah kemudian blogger bisa mendapatkan kode iklan tersebut dan di copy untuk di tempatkan di blog miliknya. Dengan kode iklan yang terpasang pada blog miliknya tersebut, apabila pengunjung blog tersebut me-click iklan yang muncul maka blogger tersebut akan mendapatkan sejumlah dolar (US$). Besaran dolar yang diberikan tergantung dari CPC (cost Per Click) iklan tersebut. Apa itu Cost Per Click, adalah biaya iklan untuk sekali klik yang ditawarkan google kepada para calon pemasang iklan di google. Dari nilai CPC tersebut, blogger hanya mendapatkan kira-kira 20% dari nilai CPC, secara detailnya perhitungan nilai PPC dan CPC google adsense hanya google yang tahu.

Berikut pertanyaan yang muncul, kenapa para perusahaan atau para pebisnis mau memasang iklan di google ? jawabannya adalah Promosi. Ya, sebuah perusahaan yang meu berkembang harus menyediakan biaya cukup besar untuk promosi dan memperkenalkan produknya kepada khalayak ramai termasuk melalui dunia internet. Lalu kenapa di google ? sebenarnya tidak hanya berpatok di google adsense saja, banyak situs memnyediakan iklan seperti google adsense baik lokal maupun luar, namun oleh karena google merupakan search engine terbesar di dunia maka sudah tentu iklan yang di pasang di google akan lebih mudah tersebar seantero dunia.

Dari penjelasan sederhana di atas dapat saya simpulkan bahwa blog memang benar dapat menghasilkan uang baik rupiah maupun dolar, tergantung dari iklan yang ditawarkan dalam bentuk dolar maupun rupiah atau mata uang lainnya. Google adalah mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan sehingga berpromosi melalui Google, maka iklan yang dipasang akan dengan mudah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Blogging adalah merupakan kegiatan sampingan tetapi bisa menghasilkan uang.

Bagaimana dengan rekan-rekan, saudara, yang belum memahami kenapa bisa menghasilkan uang di internet, apakah sudah bisa menerima dengan penjelasan saya di atas ? Bagi yang belum paham mohon pertanyaannya melalui kolom komentar di bawah ini, semoga saya bisa membantu menjawabnya. Salam Blogger...

Semoga bermanfaaat yaaaaaa :) !

Thanks for reading & sharing Kumpulan Artikel

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Jika Anda Membaca Artikel Saya Tolong Komentar nya Ya ..
Terima Kasih ..