Home » » Cara | Tips Belajar Matematika

Cara | Tips Belajar Matematika

Posted by Kumpulan Artikel on Sunday, November 4, 2012

Kalau ditanya tentang cara mudah belajar matematika memang membuat pertanyaan yang sangat panjang untuk ditelusuri. Banyak pakar dan penelitian terus-menerus membahas tentang cara mudah belajar matematika. Banyak cara yang dikembangkan untuk belajar matematika, dari merombak modul, memotivasi, sampai mengubah cara mengajar matematika. Seperti cara belajar bidang lain, kunci mempelajari matematika adalah ketekunan. Jadi yang diperlukan untuk belajar matematika adalah semangat! Bagaimana meningkatkan semangat belajar matematika? Cara meningkatkan semangat adalah belajar pragmatis, pragmatis di sini adalah mempelajari sesuatu dengan tujuan yang jelas.

 Seperti yang sudah saya bahas pada aplikasi matematika. Bahwa dengan mengetahui aplikasi matematika pada kehidupan sehari-hari mampu menjadikan siswa terpacu untuk belajar matematika lebih giat. Semangat belajar matematika-pun dapat ditumbuhkembangkan dengan menggunakan media pembelajaran matematika yang baik, dengan media yang menarik, siswa dapat terpacu untuk belajar lebih giat. Media yang saya akui paling bagus adalah game online matematika.  Apa saja guna matematika? Mugkin ini mirip dengan bahasa Indonesia, tergantung nanti anda jadi apa. Kalau anda jago menulis novel bisa jadi seperti Dewi Lestari (yang nulis tentang Supernova), Chairil Anwar (Sastrawan luar biasa keren), Tina Talisa (yang kemampuan bahasa Indonesia-nya sangat rapi), dll. Sama halnya dengan matematika, ini sangat tergantung siapa anda, apakah anda dokter, indinsyur, manager, psikolog, guru, akuntan, dll, lengkapanya ada di artikel aplikasi matematika  Bagaimana cara belajar matematika yang benar? Jangan pernah takut salah pada belajar matematika, sama halnya dengan saya, saya memberanikan diri untuk membuat blog tentang aplikasi matematematika, meskipun saya belum menjadi pakar matematika. Saya menyusun blog ini dengan harapan para ahli datang berkunjung untuk berkomentar, berbagi link, berbagi cerita, agar saya dapat terus mengembangkan kemampuan matematika. Intinya, belajar matematimatika itu intinya berlatih!  Dimana belajar matematika yang baik? Terdapat sejumlah tempat-tempat terpercaya untuk belajar matematika dapat di forum olimpiade matematika, ataupun dengan game online matematika, meskipun masih banyak cara dan tempat lain untuk belajar. Peran guru dan orang tua siswa diakui sebagai faktor yang penting pada perkembangan peserta didik. Jaman sekarang informasi via internet sudah luar biasa kencang, sehingga siswa dijejali dengan begitu banyak pilihan, apalagi jika didukung dengan ketemapilan bahasa inggris yang lumayan.  PMR,cara (baru) belajar matematika? Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dibangun sejalan dengan upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekolah merupakan lembaga formal penyelenggara pendidikan. 

Pendidikan matematika dilaksanakan dalam bentuk kegiatan belajar mengajar  (KBM) yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sekolah. Melalui kegiatan pengajaran, siswa-siswi SD yang berada pada tahap operasi konkrit sudah semestinya dibekali dengan ilmu pengetahuan dasar dan keterampilan dasar yang dalam hal ini adalah mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum SD/MI untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya pada jenjang pendidikan selanjutnya. PMR memang baru dikembangkan untuk siswa sekolah dasar, untuk siswa sekolah dasar. Namun, kan dikonstruksi cara belajar matematika dengan pendekatan aplikasi matematika  Cara belajar matematika, dari yang kongkrit menuju abstrak Mungkin teori ini ada benarnya juga, pertanyaan pertanyaan sederhana ini (mengkin telah sering anda baca) 1. Ketika Ani, siswa SD ditanyai “Untuk apa sich belajar Matematika?” Mungkin bisa dijawab dengan singkat, “Supaya kamu bisa menghitung banyaknya permen yang kamu miliki dan juga bisa membaginya dengan adil untuk kakak dan adik” 2. Bagaimana kalau pertanyaan tersebut dilontarkan oleh seorang anak SMP? Jawab saja dengan “Karena nanti di SMA (kalau melanjutkan sekolah) kalian juga akan belajar Matematika. 3. Untuk anak SMA kita bisa memberikan jawaban untuk membuktikan dan menurunkan beberapa rumus Fisika kita membutuhkan Matematika. *Halah…jawaban macam apa ini*, munngkin ada beberapa yang menjawab seperti apa yang ada di artikel aplikasi matematika (lagi-lagi tergantung apa cita-cita anda) 4. Untuk para Mahasiswa Kalau yang ini sangat bervariasi, tergantung jurusannya, berhubung saya hanya mengenal satu buah jurusan, yaitu jurusan pendidikan matematika, maka saya tidak akan menjawab  Demikian artikel tentang cara-cara mudah belajar matematika saya susun, mungkin memiliki artikel serupa bisa saling bertukar ilmu.

Thanks for reading & sharing Kumpulan Artikel

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Jika Anda Membaca Artikel Saya Tolong Komentar nya Ya ..
Terima Kasih ..